Tuesday, August 16, 2011

tulis menulis

Harapan bukanlah keyakinan bahwa sesuatu akan berubah menjadi lebih, namun kepastian sesuatu itu masuk akal, terlepas bagaimana kenyataannya...

Gue punya suatu mimpi, harapan, cita-cita.. gue pengen suatu saat nanti gue bisa punya buku sendiri.. jadi penulis. Gue ga tau tepatnya sejak kapan gue suka sastra, tapi dari SD, gue suka bikin puisi. gue suka bermain dengan kata-kata. Gue suka nulis apa yang terlintas di benak dan pikiran gue. Tulis aja, biarin dia ngalir, ga usah pake mikir. Kadang juga dulu waktu SMP suka gue sent ke Cahaya, Marsa and Harris, hehehe.. Biasanya sih kalo udah malem, waaah, banyak banget deh seliweran kata-kata dan pemikiran. Kalo udah malem mau tidur, kamar udah gelap, gue suka merenung.. Jadi sok puitis lah gue hahaha... Karna gue tau, betapa abadinya sebuah kata-kata. Biarpun cuma kata-kata, kalimat, tapi dia bisa bermakna dalam dan bikin orang yang membacanya jadi merenung. Hmmm, kalo kata Chairil Anwar nih, "tiap kata akan ku gali-korek sedalamnya." Yaa, gue belom sih sampe titik itu, hehehe... Semuanya butuh pembelajaran, butuh proses.

Gue ga pernah tau gimana cara yang baik untuk memulai menulis. Kadang juga nyari inspirasi buat nulis, nyari tema, tapi buntu. Malah seringkali gue sendiri bingung mau nulis apa.. Kalo kata orang sih, jangan nunggu inspirasi datang, lakuin aja, dia bakal datang dengan sendirinya saat kita start. Kalo lagi suntuk, ya gue tulis aja semuanya, ga pake aturan, ga pake ribet, let it flow aja.. Bahkan ga pake alur, mungkin juga malah saling nabrak, hahaha... Makanya kenapa kadang-kadang tulisan yang di atas kok ga nyambung ya sama tulisan di bawahnya, huehehehe... Gue masih harus banyak belajar.

Gue bukan orang yang gampang ngungkapin sesuatu. Gue lebih suka mengemas kata-kata dengan tersirat. Gue suka bingung gimana harus mulai. Ibu bilang gue orang ya ngga punya imajinasi, hehehe, biarpun becanda, tapi mungkin ada benernya juga, secara gue tu orang yang ga bisa ngarang, ga bisa membuat sesuatu yang di luar diri gue. Bahkan untuk sekedar ngarang cerita pas pelajaran Bahasa Indonesia waktu SD aja, gue ga pernah nulis jauh-jauh dari pengalaman pribadi gue. Gue pernah nanya sama Cahaya, "Cah gimana caranya lo bisa ngehidupin tokoh-tokoh dalam imajinasi lo? gue ga bisa kok ya Cah, nyiptain tokoh gitu" Cahaya njawab dengan semangatnya "Uh Jeeee, gue malah bisa bangeeeet.. gampang banget. lo tinggal ngebayangin ada orang yang begini, begitu.." Sampe sekarang gue ngiri sama dia, dia bisa nulis cerpen yang panjangnya berfolio-folio, nulis cerpen semanis symphony, hihihihi... Great Caaaah!!!

Kapan-kapan gue harus nyoba. Nyoba lebih fokus dan lebih berimajinasi, hihhihihi...

Hmm, udah jam setengah tujuh aja, ngantuk guenya nih hehehe... Pagi ini di cukupkan dulu saja deh ya ngetiknyaaa. Terimakasih telah mengunjungi blog saya :D (Moga aja ada yang iseng-iseng mbuka, hehehe)

No comments:

Post a Comment