Thursday, October 3, 2013

ARSITEKTUR KOMPUTER DAN STRUKTUR KOGNISI MANUSIA

Arsitektur Komputer
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer merupakan rencana suatu cetak biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain. Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja dan terget biayanya.
Arsitektur dapat pula di definisikan sebagai gaya konstruksi dan organisasi dari komponens-komponen sistem komputer.

Menurut Jimmy, 2008 arsitektur komputer mempunyai unit-unit perangkat yang menyusunnya, antara lain :
1. Unit masukan : Berfungsi untuk menerima masukan (input) kemudian membacanya dan diteruskan ke memory atau penyimpanan.
2. Unit kontrol : Berfungsi untuk melaksanakan tugas pengawasan dan pengendalian seluruh sistem komputer.
3. Unit logika dan matematika (Arithmetic & Logical Unit / ALU) : Berfungsi untuk melaksanakan pekerjaan perhitungan atau aritmatika dan logika, selain itu juga melaksanakan pekerjaan pemindahan data, penyatuan data, pemilihan data, pembandingan data, dll, sehingga dapat dikatakan ALU merupakan bagian inti dari suatu komputer.
4. Unit memori atau penyimpanan :  Berfungsi untuk menampung data atau program yang diterima dari unti masukan sebelum diolah oleh CPU dan juga menerima data setelah diolah oleh CPU yang selanjutnya diteruskan oleh unit keluaran.
5. Unit keluaran : Berfungsi untuk menerima hasil pengolahan data dari CPU melalui memori.


Sumber Gambar : http://zulfachmi157.wordpress.com/2012/03/05/sejarah-perkembangan-arsitektur-komputer/

Struktur Kognisi Manusia
Struktur kognisi  manusia adalah bagian atau komponen yang terstruktu dalam otak manusai yang memberi pengetahuan berdasarkan sistem, skema, adaptasi, asimilasi dan akomodasi yang membentuk suatu kematangan dan pengalaman otak dalam menjalankan kehidupan sosial bagi seorang manusia.

Kognitif secara umum diartikan sebagai pitensi intelektual yang terdiri dari tahapan : pengetahuan (knowledge) pemahaman (comprehention), penerapan, analisa, sintesa, dan evaluasi. Kognitif berarti persoalan yang menyangkut kemampuan untuk mengembangkan rasional.

Bloom membagi domain kognisi ke dalam enam tingkatan, yaitu :
1. Pengetahuan (Knowledge)
Berisikan kemampuan untuk mengenali dan mengingat.
2. Tingkat pemahaman (Comprehention Level)
Dikenali dari kemampuan untuk membaca dan memahami gambaran, laporan, tabel, diagram, arahan, peraturan.
3. Aplikasi (Application)
Yaitu kemampuan untuk menerapkan gagasan,prosedur, metode, rumus, teori, dsb di dalam kondisi kerja.
4. Analisis
Yaitu kemampuan seseorang untuk menela'ah informasi dan membagi-bagi informasi kedalam bagian yang lebih kecil untuk mengenali pola atau hubungan sebab-akibat.
5. Sintesis
Satu tingkat diatas analisis, seseorang ditingkat sintesa akan mampu menjelaskan struktur atau pola dari sebuah skenario yang sebelumnya tidak terlihat dan mampu mengenali data atau informasi yang harus didapat untuk menghasilkan solusi yang dibutuhkan.
6. Evaluasi
Kemampuan untuk memberikan penilaian terhadap solusi, gagasan, metodologi dengan menggunakan kriteria yang cocok atau standar untuk memastikan nilai efektivitas atau manfaatnya.



Sumber gambar : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjIUr-wXyc-jVAzV187vzPBQMa7psBuhe9XNrKeJGc_y2StCXAJJELWEgIi8_kD51wsikL-MR4BjN3PoJ4LDo9jiUtyy6bF5IZwIXt5LPfUMWZW-S5NEp-R_kAOnovM5ingpOX-_QJpxrM/s1600/bagan+memori.png

Sehingga dapat disimpulkan bahwa arsitektur komputer merupakan konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer, ia merupakan rencana deskriptif fungsional dari kebutuhan perangkat keras yang didesain yang mencakup kecepatan proses dan sistem interkoneksinya, dan hal ini merupakan suatu hal yang kompleks, namun tidak sekompleks struktur kognisi manusia. Dalam struktur kognisi manusia, semua proses input berupa pengetahuan yang berdasarkan sistem, skema, adaptasi, asimilasi dan akomodasi diorganisasikan sehingga kemudian berpengaruh pada kehidupan sosial yang dijalani dalam keseharian.

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur_komputer
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/03/analisa-perbedaan-struktur-kognisi-manusia-dan-arsitektur-komputer/
http://juniditha.wordpress.com/2012/10/07/sistem-informasi-psikologi-3-arsitektur-komputer-dengan-kognisi-manusia/

1 comment:

  1. Hai jeje lam kenal ya. W jeffry depok. Kamu sendiri/sudah berpasangan. Kalau sendiri blh kenal kamu lebih dekat dan lebih dekat tuk mengenal hatimu . Call or sms aja 085717730338.

    ReplyDelete